Triks Merawat Sepeda Listrik
Triks merawat Sepeda Listrik yang sangat bermanfaat bagi calon dan pengguna sepeda listrik.
Cara perawatan kendaraan listrik
Berikut adalah upaya perawatan kendaraan listrik agar awet dan memiliki usia pakai yang lama. Dalam kesempatan kali ini dibagi menjadi 2 hal, yaitukendaraan listrik standar dan kendaraan listrik modifikasi.
Tentunya para modifikator kendaraan listrik sudah tau tips agar kendaraan listrik menjadi awet seperti aspek pada poin 1 diatas. Maka dari itu kita memberikan tips yang berbeda daripada poin 1 dan lebih khusus lagi, tips tersebut adalah:
Berikutnya apabila digunakan untuk kendaraan hibrid bersama motor bensin. Pastikan sistem rangkaian elektronik yang kita buat sendiri tidak terpengaruh oleh getaran mesin dan induksi coil. Biasanya input trotle balikan ke kontroller sering mengalami gangguan terhadap induksi coil motor bensin.
Cara perawatan kendaraan listrik
Berikut adalah upaya perawatan kendaraan listrik agar awet dan memiliki usia pakai yang lama. Dalam kesempatan kali ini dibagi menjadi 2 hal, yaitukendaraan listrik standar dan kendaraan listrik modifikasi.
- Kendaraan listrik standar
- Pastikan selalu dalam pemakaian sistem rem tidak bermasalah (seret / ngepok)
- Charging selalu ketika baterai sudah hampir habis. Jangan biarkan baterai kosong dalam waktu yang lama
- Perhatikan durasi lama pengisian / charging
- Baterai 36V 12Ah = maks 5 jam.
- Baterai 48V 12Ah = maks 6 jam
- Baterai 48V 20Ah = maks 8 jam
- Baterai 48V 7Ah = maks 4 jam
- Hindari jalan yang merupakan medan tanjakan
- Jangan terlalu sering menggunakan akselerasi mendadak
- Apabila merasa ada gangguan pada kendaraan listrik, maka segera lakukan diagnosa dan jangan tunggu sampai bermasalah.
- Kendaraan listrik modifikasi
Tentunya para modifikator kendaraan listrik sudah tau tips agar kendaraan listrik menjadi awet seperti aspek pada poin 1 diatas. Maka dari itu kita memberikan tips yang berbeda daripada poin 1 dan lebih khusus lagi, tips tersebut adalah:
- Perhatikan cracking Amper dan kapasitas baterai
- Aki kering UPS 7Ah = nilai batas arus =25A
- Aki kering betrik 12Ah = nilai batas arus = 35A
3. Aki kering Treko/wimcycle 20Ah, nilai batas arus = 50A
4. baterai lithium leptop 4,6Ah memiliki nilai batas arus = 15A
5. baterai lithium ultrafire 3Ah memiliki nilai batas arus = 9A
6. Aki basah memiliki nilai batas arus ideal 3-4 kali kapasitas akinya.
- Perhatikan kontinyu Amper, daya motor, daya kontroller dan kapasitas baterai
- Pastikan struktur casis sudah terdesain optimal
Struktur casis adalah bagian diluar sistem elektronika, namun hal ini juga harus diperhatikan. Apabila kita menciptakan kendaraan sendiri dengan roda 3 atau 4, maka hal-hal seperti sudut belok, front wheel aligment, camber, caster, toe in-toe out, dan king pin harus optimal. Jika kurang optimal maka kerugian gesek yang terjadi disana akan besar dan nantinya akan berhubungan dengan keawetan kendaraan listrik itu sendiri. Selain itu sistem kemudi, rem, dan suspensi juga harus diperhatikan untuk kenyaman dan keawetan kendaraan listrik yang dibuat.
- Wiring perkabelan harus dalam spesifikasi standar
- Penggunaan komponen elektronik yang diluar buatan pabrik harus standar
Berikutnya apabila digunakan untuk kendaraan hibrid bersama motor bensin. Pastikan sistem rangkaian elektronik yang kita buat sendiri tidak terpengaruh oleh getaran mesin dan induksi coil. Biasanya input trotle balikan ke kontroller sering mengalami gangguan terhadap induksi coil motor bensin.
No comments:
Post a Comment